Kamis, 30 April 2009

Bagaimana dengan Tim Sudirman Cup Indonesia??

Dah lama nih ga posting, sibuk untuk UN.
Sekarang, UNn telah selesai, tapi UP dan UAS masih meneror.

Nah, kira-kira gimana nih dengan tim Sudirman Cup Indonesia?


Piala Sudirman yang akan berlangsung dari 10 sampai 17 Mei 2009 di Guangzhou China akan segera berlangsung. Waktu yang tersisa bagi skuad merah putih untuk mengembalikan kembali Piala Sudirman ke Indonesia telah datang.China sampai sekarang masih menjadi juara bertahan, apalagi mereka akan bertanding di publiknya sendiri, tentu akan menjadi faktor yang lebih menguntungkan. Sedangkan Negara-negara lain seperti Korea dan Malaysia telah siap berbenah dan kekuatan merekapun semakin meningkat.

Untuk tim China memang tidak diragukan lagi, dari lima nomor yang dipertandingkan. Piala sudirman adalah ajang kejuaraan beregu campuran yang mempertandingkan seluruh nomor. China sendiri masih menjadi ancaman bagi seluruh Negara. China hanya lemah di nomor ganda putra yang kemungkinan akan menurunkan Fu Haifeng/Cai Yun. Sedangkan di Nomor tunggal dan ganda putri peta kekuatan China masih datas Negara-negara lain.

Ancaman lainnya dari negeri ginseng Korea Selatan. Korea selatan memiliki ganda putra kuat dan juga ganda campuran yang kuat. Di nomor ganda campuran Lee Yong Dae/Lee Hyo Jung dipastikan akan turun. Disamping itu tunggal putra Korea juga masih perlu di perhitungkan, karena beberapa kali tunggal-tunggal putra Korea kerap mempecaundangi lawan.

Sedangkan dari Malaysia masih ada Ganda dan tunggal putra yang masih di takuti pemain Indonesia. Di ganda Putra Koo Kien Kiet/Tan Boon Heong masih menjadi momok bagi pasangan Markis Kido/Hendra Setiawan, sementara tunggal putra nomor satu Malaysia juga masih berada diatas angin.

Untuk Indonesia sendiri, meski menurunkan wakilnya dengan kekuatan penuh, akan tetapi peta persaingan yang kian ketat, menyebabkan peluang Indonesia untuk melangkah hingga ke final juga semakin berat, apalagi setelah tunggal putra dan putri terlilit cedera meski sudah sembuh akan tetapi sewaktu-waktu bisa kambuh.

Sejak pertama kali digelar, Piala Sudirman baru mampir di Indonesia 1 kali yaitu tahun 1989, setelah itu lepas dan belum kembali lagi hingga sekarang. Baru tiga Negara yang meraih piala Sudirman yaitu Indonesia satu kali, China enam kali dan Korea tiga kali. Terakhir di Glasslow skotlandia, meski Indonesia melangkah ke final, akan tetapi di final harus bertekuk lutut dengan China yang langsung menekuk dengan 3-0.

Tim Piala Sudirman kini telah terbentuk untuk membawa misi merebut kembali Piala Sudirman ke pangkuan Indonesia meski dengan materi pemain yang memang apa adanya seperti sekarang ini. Akan tetapi meski demikian, target tetap kemenangan, meskipun peluang tuan rumah China sangat terbuka, akan tetapi dalam kejuaraan beregu, faktor mental lebih diutamakan, karena biasanya kekuatannya lebih merata.

PBSI telah membentuk Tim Piala Sudirman sebanyak 21 atlit. Taufik Hidayat, Flandy Limpele dan Vita Marissa yang di sebut-sebut mempunyai kans untuk masuk di tim inti, ternyata tidak dimanfaatkan oleh PBSI. Namun demikian, hal ini mempunyai nilai positif tersendiri, karena dengan demikian PBSI lebih mempercayakan pemain yang ada meski itu belum berpengalaman. Dan apapun hasilnya nanti, suka dan tidak suka, itulah tim inti yang terbentuk dan dipercaya untuk merebut kembali Piala Sudirman.

Inilah kedua puluh atlet yang terpilih :

Tunggal Putra :
1. Sony Dwi Kuncoro
2. Simon Santoso
3. Tommy Sugiarto

Tunggal Putri :
1. Maria Kristin Yulianti
2. Adriyanti Firdasari
3. Weni Linda Fanetri

Ganda Putra :
1. Markis Kido
2. Hendra Setiawan
3. M. Ahsan
4. Bona Septono
5. Rian Sukmawan
6. Yonathan Suryatama Dasuki

Ganda Putri :
1. Greysa Polii
2. Nitya Krishinda Maheswari
3. Shendy Puspa Irawati
4. Meiliana Jauhari

Ganda Campuran :
1. Nova Widianto
2. Lilyana Natsir
3. Devin Lahardi Fitriawan
4. Lita Nurlita
5. Frans Kurniawan

Melihat materi pemain yang ada, Indonesia hanya matang di nomor ganda putra dan ganda campuran, sedangkan di tunggal putra meski ada Sony Dwi Kuncoro, akan tetapi pemain yang kerap didera cedera tersebut masih tergolong biasa-biasa saja bagi lawan sehingga lawanpun merasa tidak takut jika berhadapan dengan Sony dibanding dengan Taufik Hidayat misalnya. Sedangkan di nomor ganda putra, pasangan Markis Kido/Hendra Setiawan yang pekan lalu meraih juara di kejuaraan Asia, kali ini akan tampil lebih percaya diri, meski Markis Kido cederanya belum sembuh total.Akan tetapi melalui latihan yang intensif, ke 21 atlet tersebut siap merebut kembali Piala Sudirman yang telah lama pergi dari Indonesia.

Sementara itu China merupakan Negara yang terbanyak mengirimkan pemainnya dari list pemain yang dirilis oleh BWF per 14 April 2009. China mengirimkan 25 wakilnya yang masuk tim Piala Sudirman disusul kemudian oleh Indonesia dengan 21 wakil.

Tapi apapun hasilnya, ayo rebut kembali Piala Sudirman! Go Indonesia….


0 Comments:

Mari Kristin Is The Best

Mari Kristin Is The Best

Tim Uber Indonesia

Tim Uber Indonesia

Maskot Uber

Maskot Uber